RENUNGAN PENGUSAHA vs WARTAWAN

Ada seorang pengusaha kaya yang ditanya oleh seorang wartawan berikut dialognya:

Wartawan : Berapa Usia Bapak sekarang ?

Pengusaha : 8 Tahun

Wartawan : Berapa total kekayaan yang bapak miliki

Pengusaha : kurang dari 15 juta

Wartawan : Berapa anak Bapak

Pengusaha : Cuma 1

Mendengar jawaban itu wartawan ini jadi bingung dan merasa dipermainkan, sebab dia tau bahwa itu bukan jawaban yang sebenarnya, kemudia wartawan ini bertanya lagi :

Saya tau kalau usia bapak sekarang adalah 60 tahun, kenapa bapak menjawab berusia 8 tahun, saya juga tau kekayaan bapak nilainya milyaran mengapa bapak bilang tidak lebih dari 15 juta, anak bapak jumlahnya 4 kenapa bapak bilang cuma 1, Bapak mau mempermainkan saya yah, hehehe…wartawannya pusing nih

Bapak Ini tersenyum kemudian berkata “ Usiaku memang 60 tahun, tapi rasanya baru 8 tahun saya bertobat, selama 52 tahun saya bergelimang dengan dosa, saya sedih jika ingat masa lalu saya, dan baru 8 tahun ini saya bener-bener bertobat dan menikmati hidup saya dengan cara yang benar”

“Hartaku memang nilainya Milyaran rupiah, tapi rasa-rasanya baru 15 jutaan yang saya pergunakan untuk beramal kebaikan, dan saya telah membelanjakan harta saya ratusan juta rupiah tapi untuk hal-hal yang tidak ada manfaatnya, dan malah memperbanyak dosa saya, 15 juta itulah harta yang bener-bener telah saya miliki, sebab saya belanjakan dijalan yang benar dan untuk beramal”

“Kamu memang benar anakku semua ada 4, tapi hanya 1 saja yang bener-bener berbakti kepada saya, hanya 1 yang bisa saya jadikan sandaran hidup, sedangkan yang 3 lainnya, hidupnya suka foya-foya, mengumbar nafsu dan menghambur-hamburkan uang, oleh karena itu anakku yang 1 ini yang akan bisa merawat saya jika tua kelak dan senantiasa mendoakan saya jika saya telah meninggal dunia nanti”

Nah mungkin kita sekarang bisa berhitung, berapa harta yang telah kita belanjakan dijalan yang baik dan benar, lebih banyak mana harta untuk beramal dengan yang kita buat bersenang-senang serta berfoya-foya, apakah kita telah menjadi anak yang baik buat orang tua kita ?….ataukah kita sudah menjadi orang tua yang baik buat anak-anak kita ??

@gading pantai

Tinggalkan komentar